Pages

Sabtu, 06 April 2013

Error Kode Lengkap Canon E500 Dan Cara Mengatasinya

 keunggulan canon pixma e 500
Printer ini adalah printer dengan kualitas yang mantab. serta design dari casing juga baru. system scatridge juga baru. begitu juga type catridgenya. untuk lebih detail mengenai spesifikasi prinnter canon pixma  inject E 500.

di pasaran menag sedang ramai printer  yang tidak hanya memiliki satu fungsi. maka di ciptakanlah printer dengan kegunaan yang bermacam macam. untuk copy, scan juga untuk mencetak biasa.
error code yang terdapat pada printer ini sama dengan printer ceri mp 258 series dan mp 280 series. karena letak panelnya juga tidak jauh berbeda. ada duda pesan yang muncul ketika da masalah pada mesin printer atau pada catridnya kode tersebut bisa P atau kode E. untuk kode E bisa di katakan kode yang normal atau tidak terlalu sulit dalam penanganan. tapi jika sudah keluar error P untuk perbaikannya lumayan sulit.mari kita bahas pesan kode yang muncul pada printer E500 dan cara memperbaiki :

 List error kode P :

P02

kasus ini terjadi karena cariage atau rumah catridge mengalami masalah. rumah catridge adalah tempat untuk duduk (menempatkan catridge) yang menghubungkan catridge ke main board printer.
Solusi :

  1. carilah benda asing yang memnghambat roller berputar dan manrik kertas. bersihkan benda asing itu dari printer. posisikan printer terbalik dan goyangkan. catatan : catridge harus dilepas. jika terdapat benda yang berukuran sedang, cara ini cukup efektif. tapi jika benda itu terlanjur terkunci dan terjepit pada bagian depan roller akan agak sulit. harus bongkar printer untuk mengambil kertas, cutter, penutup suntikan tinta atau benda asing lainnya.
  2. Cek dan bersihkan encodernya - encoder adalah kabel atau pita transparan yang melintang dari sisi kanan ke kiri pada printer. letakknya melewati carriage printer. jika error ini terjadi pastikan encoder bersih dari cipratan tinta.

P03 - Line feed Error

 di sebabkan karena timmming disk kotor karena cipratan tinta atau tidak berputar dengan sempurna. letak timming disk berada di sebelah kiri printer dengan bentuk bulat dan disertai garis hitam melingkar pada bagian tepi.
solusi
  1. bersihkan tinta yang menempel pada timing disk. cara membersihkannya jangan dengan tinner tapi gunakan permbersih kaca dan mengelap dengan tissue. jika sampai timing disk tergores maka proses printing akan bermasalah.
  2. alternatif lain bisa juga karena board printer kebanjiran tinta. bersihkan dan keringkan setelah itu baru pasang lagi. usahakan benar benar kering. tapi jangan di jemur untuk proses pengeringannya karena bisa mengakibatkan konslet pada komponennya.

P05 - ASF error

 ASF terletak pada bagian dekat roller. biasanya berbentuk kecil dan menyatu dengan roller.
Solusi
  1. ganti ASF yang lain - kemungkinan karena asf telah patah, tidak terpasang dengan benar, atau memang tidak di pasang.
  2. motor printer - ganti motor printer dengan yang masih bagus. jika ada printer dengan kasus yang lebih parah anda bisa mengambil motornya yang masih bekerja.
  3. ganti Mb printer - ini langkah terakhir yang bisa anda lakukan. karena jika sudah berurusan dengan Mobo printer maka akan kecil kemungkinan printer akan normal kembali.

P06 - Internal temperature error

Penyebab : panas yg berlebihan di dalam printer . panas ini bermula ketika printer di gunakan secara terus menerus tanpa henti. contoh, gi gunakan untuk menctak sebanyak 200 lembar tanpa istirahat. atau di gunakan untuk mencetak full collour atau blok sebanyak 100 lembar tanpa istirahat.
Solusi :
  1. Bersihkan bagian dalam printer .bagian dalam bisa unit motor , roller printer, board printer , cariagge  dan bantalan penyerapan tinta.
  2. ganti Board Printer . ini langkah yang bisa diambil jika cara nomor 1 tidak membuahkan hasil. tapi ingat, harus bersih terlebih dahulu keadaan printer supaya nantinya tidak terulang lagi kasus yang serupa.

P07 - Ink absorber full

Penyebab : Ink Counter Full / Penuh, Printer  minta di reset pakai Software.  daya serap pada bantalan ada batasnya. jika komputer sudah mendeteksi bahwa sudah penuh maka jika di hari nanti tidak mau malsah ini muncul lagi buatlah saluran pembuangan di belakang printer dengan botol tinta yang sudah tak terpakai.
Solusi : Reset Printer  dengan menggunakan software

P08 - Print head temperature rise error 

Penyebab : Head terlalu panas, melebihi ambang batas, biasanya Catridge warnanya. pemaksaan printer untuk mencetak akan mengakibatkan kejadian ini. 
Solusi :
Coba ganti catrid warna Printer Canon 
coba ganti catridge hitam 88
Kunjungi Juga: Pusat Konveksi Murah

P09 - EEPROM error

Penyebab : EEPROM board mengalami Corrupt atau rusak.
Solusi :
1. ganti Board Printer 

P10 - Logic Board / Carriage Unit / Kedua Catridge Rusak

Penyebab : Catridge dibiarkan kosong dan dipakai untuk mencetak terus. akibatnya panas dan terjadi . ini kasus yang mengharuskan user merogoh kocek yang cukup banyak. pasalnya jika benar logic board yang rusak maka harus beli motherboard printer dengan harga 200 ribu sampai 300 ribu.kerusakan di salah satu komponen berikut : Logic Board / Carriage Unit / Kedua Catridge.
Solusi : Ganti Salah satu komponen diatas urutkan dari yg paling mudah dan murah. 

4 komentar:

G2-komputer mengatakan...

kalaw P22 gmn solusiya om

Anonim mengatakan...

Scannernya itu..

Anonim mengatakan...

Canon E500 dinyalakan langsung hidup lampu kuningnya saja/alarm. lampu power gak nyala?

Femy Febriyanti mengatakan...

klo kertasnya tersangkut didalam ?

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik