Pages

Kamis, 18 April 2013

Dasar Pendidikan Agama



Memperbincangkan tentang pendidikan, kiranya tidak akan lepas dari pembahasan mengenai upaya memperdayakan seluruh potensi manusia, menurut Ahmad Marimba, berpendapat pendidikan adalah suatu bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama (Marimba,1981:19).
Memandang pentingnya aspek pendidikan terhadap manusia, maka perlu kiranya dalam setiap usaha pendidikan selayaknya kegiatan yang lainnya. Didasarkan pada landasan yang berpijak pada nilai-nilai yang ideal. Dasar nilai-nilai ideal yang menjadi landasan dasar pendidikan islam haruslah merupakan sumber kebenaran dan kekuatan yang dapat mengantarkan pada aktivitas yang di cita-citakan. Nilai yang terkandung di dalamnya haruslah bersifat universal dan dapat dikonsumsikan untuk seluruh aspek kehidupan manusia serta merupakan standar nilai yang dapat mengevaluasi  kegiatan yang berjalan (Muhaimin,1993:144). Berkaitan dengan pendidikan Islam adalah pandangan  hidup  yang islami, yang merupakan nilai-nilai luhur bersifat transsendental, eternal dan universal (Ahmadi,1992:55)
Menurut Hasan Langgulung, ada lima sumber nilai yang di akui dalam Islam, yaitu Al-Qur 'an dan Sunnah Nabi sebagai sumber pokok. Kemudian Qiyas, kemaslahatan umum yang tidak bertentangan dengan nash dan Ijma' dan ahli pikir islami yang sesuai dengan sumber dasar Al-Qur'an dan Sunnah Nabi  (Langgulung,1980:35, Suja'ie,1999:40)
Dari pendapat Hasan Langgulung tersebut dapat dipahami Al-Qur'an dan Sunnah Nabi merupakan sumber nilai Islam yang utama. Sebagai sumber asal Al- Qur'an memiliki prinsip-prinsip yang masih bersifat global, sehingga dalam proses pelaksanaan pendidikan terbuka adanya Ijtihad dengan tetap berpegang pada nila- nilai dan prinsip-prinsip dasar Al-Qur'an dan Sunnah Nabi yang dapat di kembangkan dengan Ijtihad, al-Maslakhah mursalah, Istihsan dan Qiyas ( Darajat, 1992 : 19 ).
Muhaimin membagi dasar pendidikan Islam menjadi dua bagian yaitu : Dasar ideal dan dasar operasional. Dasar ideal, dikutip dari Said Ismail Ali, ada enam macam yaitu : Al-Qur'an Sunnah Nabi, kata-kata sahabat, kemaslahatan umat, nilai- nilai  dan adat kebiasaan masyarakat dan hasil pemikiran para pemikir Islam                    (Muhaimin,1993:145). Sedangkan dasar operasional pendidikan terbagi menjadi tiga macam masa lalu, undang-undang, peraturan-peraturan, batas-batas dan sekaligus kekurangannya, dasar Psikologis dan dasar filosofis ( Langgulung, II/1989:6-7 dan 17).
            Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sumber nilai yang menjadi dasar pendidikan islam adalah Al-Qur'an dan Sunnah Nabi serta hasil ijtihad. Didalam sumber tersebut banyak nilai yang fundamental yang dapat dijadikan dasar pelaksanaan pendidikan islam nilai-nilai tersebut adalah tauhid, kemanusiaan, kesatuan umat dan Rohmatan Lil'alamin (Sudja'ie,1999:40-41).

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik