Pages

Senin, 22 April 2013

CARA SERVIS TV SHARP MATI STANDBY


TV SHARP ALEXANDER MATI STANDBY

merk SHARP jenis Alexander type 51DXF200 dengan keluhan bila dihidupkan TV tidak mau start sama sekali jadi hanya lampu led aja yang menyala terus menerus, tombol panel depan TV pun tak berfungsi dari remot apalagi ! Nggak respon sama sekali.

 Akhirnya Saya bongkar itu TV, langkah awal yang Saya lakukan adalah seperti biasa penyolderan ulang terlebih dahulu di semua bagian setelah itu baru pengecekan tegangan.  Pada tegangan B+ yang seharusnya sekitar 116v terukur 150v, tegangan untuk Audio normal sekitar 20v, sedangkan tegangan untuk 14v drop tinggal 7v saja, hmm … ada apa ini?

 Kemudian Saya dapati heatsink untuk IC regulator 9V seri 090RD1 ini sangat panas sekali, juga untuk diode penyearah dan R pembatas-nya juga sangat panas sekali, woow woow woow ada apa lagi ini?

 Awalnya Saya kira IC regulator ini yang short, tetapi setelah diganti dengan yang baru, masih tetep saja, panas dan panas, hmm … apa ya penyebabnya?

 Akhirnya Saya telusuri semua komponen yang berhubungan dengan output dari IC regulator tersebut, akhirnya Saya dapati sumber permasalahan berasal dari rangkaian Stereo/Surroundnya letaknya di pinggiran PCB utama, dengan soket dan posisi berdiri, ketika PCB mungil ini Saya cabut dari soketnya, TV pun bisa hidup normal, tapi bila Saya pasang kembali, langsung Standby.

 YESS akhirnya ketemu juga sumber errornya, yaitu IC jenis SMD dengan type MZ-01E, tapi Sayang sekali di pasaran belum ada IC jenis ini, tanya SHARP SERVICE CENTRE MADIUN belum ada stock katanya, Haduh haduh haduh iki piye? ya udah akhirnya Saya potong aja L3501 yang terhubung dengan VCC IC tersebut dan ku coba hidupkan TV, hmm …TV bisa hidup tanpa cacat gambar, dan suara juga normal tapi mono he he nggak apa-apalah

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik