Cara merawat printer infus agar lebih awet dan tahan lama
1. Letakan
botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar botol
tidak mudah terlepas. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun
dokumen-dokumen dapat diminimalisir.
2. Saat
akan menggunakan printer, tutup botol kecil pada tabung infus sebaiknya
dibuka dengan tujuan udara bisa masuk sehingga tinta bisa mengalir
dengan lancar.
3. Saat
printer tidak digunakan, maka tutup botol kecil dan besar pada tabung
infus harus tertutup rapat, hal ini untuk menghindari tinta banjir dan
mengkibatkan catridge/head mengalami konslet(mati total)
4. Lakukan
isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol(Jangan sampai tinta
pada botol benar – benar habis),Isi ulang dengan cara buka tutup botol
besar dan kecil kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar .
setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat. Dan Buang
tinta buangan jika sudah ½ atau ¾ botol.
5.
Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama karena
masing-masing merk tinta memiliki karakteristik yang berbeda serta
komposisi bahan kimia yang berbeda pula. resiko yang didapat apabila
sering gonta-ganti merk tinta adalah catridge mampet dan lama kelamaan
rusak.
6.
Pada Printer merk Canon, apabila terjadi run out tinta yang biasanya
ditandai dengan blink 4x, error E4, error E6, error E13, error E16 atau
seprti gambar dibawah ini, maka cara memperbaikinya adalah dengan
menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik.
7. Pada
printer merk Epson, apabila catridge warna (merah, kuing, biru) tidak
terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol
Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas.
8. Biasakan menggunakan printer setiap hari, minimal 1 lembar untuk mencegah catridge/head printer mampet.
9. Apabila
selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah
melakukan isi ulang maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan
printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta
banjir dan konslet pada catridge/head.