Saturday, 6 April 2013

Cara Merawat Cartridge Printer yang Baik & Benar


Assalamu alaikum Wr. Wb.

Cara Merawat Cartridge Printer yang Baik & Benar | Merawat Cartridge Printer terbilang cukup mudah tapi sulit juga. Mudahnya kalau kita paham akan apa yang kita lakukan dengan Cartridge tersebut, tapi akan sangat terasa sulit jika kita tidak tahu harus melakukan apa terhadap Cartridge tersebut.

Terlebih lagi dari pihak perusahaan Printer sudah men-setting sehingga Cartridge hanya bisa digunakan sekali saja, jika sudah di isi ulang tinta (refill) maka kualitas cetakan akan menurun. Untuk itu di kesempatan kali ini saya sempatkan untuk share Cara Merawat Cartridge Printer yang Baik & Benar, yang merupakan pengalaman Pribadi saya dan dari beberapa sumber yang teorinya cukup masuk akal untuk diterapkan. Baiklah, berikut ini Tips sederhana Cara Merawat Cartridge Printer yang Baik & Benar, cekidot...

Cara Merawat Cartridge Printer yang Baik & Benar :

1. Jika Tinta Printer pada Cartridge akan habis, segera isi tinta Cartridge

Hal ini terkadang menjadi hal sepeleh dan biasanya kita terlupakan akan hal ini sehingga printer terus mencetak hingga Cartridge benar-benar kehabisan tinta. Sebaiknya menggunakan Sistem Tinta Infus sehingga bisa mengontrol tinta dan juga menghemat Cartridge sobat. Bayangkan saya, setiap kali ingin mengisi tinta maka sobat mencopot Cartridge dari dalam printer dan menyuntikkan tinta ke dalam Printer. Ini pasti akan sangat melelahkan dan membuat Cartridge Printer sering dicopot-copot.

2. Jangan terlalu sering-sering menghidupkan dan mematikan Printer

Saat printer dinyalakan, printer mengirimkan sinyal untuk segera mengganti tinta pada Head agar tidak tersumbat. Jika sobat mematikan printer dan  sobat menghidupkannya kembali, maka printer akan melakukan penggantian tinta pada Head sehingga ini adalah pemborosan tinta. Terlebih lagi kesalahan fatalnya yaitu jika tidak menggunakan sistem infus maka tinta yang terbuang akan menumpuk di dalam Printer dan ujung-unjungnya akan merusak MainBoard Printer sobat.

3. Jangan sampai terlalu lama tidak menggunakan printer

Sebaiknya untuk menggunakan Printer sobat setiap hari untuk mencetak, meskipun tidak membutuhkannya. hal ini sehingga tinta yang ada pada mulut pencetak (Nozzel) bisa terus dalam keadaan yang stabil. Bayangkan saja jika dalam seminggu atau bulanan sobat tidak menggunakan Printer tersebut. Sudah dipastikan sobat harus membeli Cartridge baru karena sudah tidak dapat digunakan untuk mencetak lagi dengan kualitas yang bagus.

4. Jangan melepas Cartridge dari tempatnya ketika ingin mengisi tinta

Untuk masalah ini saya lebih merekomendasikan sobat untuk menggunakan sistem infus pada printer sobat, sehingga bisa mengurangi Cartridge sering dicopot serta sobat bisa mengontrol banyak atau tidaknya tinta. Karena jika tidak menggunakan sistem infus sudah pasti Cartridge sobatakan cepat rusak. Meskipun Cartridge memiliki lubang pengisian di atas untuk memudahkan dalam pengisian, hal ini supaya pada saat mengisikan tinta tidak harus melepas Cartridge tersebut. Biasanya pada saat kita melepas Cartridge dari tempatnya dan ingin mengisikan tinta secara tidak sengaja kita menyentuh lepeng yang berwarna kuning di bagian samping Cartridge dan itu sangat dilarang sekali karena lempeng kuning tersebut tidak boleh sampai terkena tangan apalagi sampai tergores akan sangat fatal sekali akibatnya, lempeng kuning tersebut adalah jalan untuk mengirimkan data sehingga bila terkena debu atau tergores akan mempergaruhi proses pengiriman data pada Cartridge.

Nah, itu dia sedikit Tips Cara Merawat Cartridge Printer yang Baik & Benar yang saya terapkan sendiri selama ini dan sampai sekarang Printer yang sering saya gunakan masih awet.

Semoga dapat memberikan manfaat, salam .:: ashtho software easy ::.

Wassalam . . .

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas