Pages

Jumat, 12 April 2013

Cara membuat Toko Online

Cara membuat toko online terbaru 2013
3 komentar Diposkan oleh Latif Ramadan on 09/02/13 di 10.07 5

Save as PDF

Toko Online
Uang berlimpah justru dari hasil bisnis sampingan. Kerja tambahan ternyata gajinya lebih besar daripada pendapatan yang diperoleh setiap bulan dari kantor.

Itulah sebuah gambaran yang selama ini sering disampaikan oleh beberapa guru Internet marketing, baik lokal maupun internasional. Bahkan, seorang sahabat acap kali mengutip pernyataan master-master tersebut untuk terus memompa motivasi dan semangat dirinya sendiri untuk terus berbisnis.

Apakah benar bisnis online semudah itu?, Atau bahkan sebaliknya?.

Bisnis online dengan membuka lapak atau toko online akan terasa mudah dan gampang manakala bisnis tersebut sudah eksis dan memiliki brand yang melekat dihati konsumen.

Butuh modal besar dong?, Tida juga. Bisnis online atau jualan via internet harus mengetahui seluk beluk dan metode yang paling tepat. Investasi dana untuk sebuah informasi, metode, software atau sistem yang tepat itu justru lebih baik daripada menghemat investasi namun justru tidak menemukan arah sesuai dengan yang diharapkan.

Cara membuat Toko Online secara konvensional

Membuat Toko Online secara konvensional yang dimaksud adalah sebuah usaha membangun situs online store secara manual, baik itu membuat toko online dengan wordpress atau membuat toko online dengan blogspot, dengan Joomla atau bahkan jualan di Facebook.

Membuat Toko Online dengan Wordpress
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat Toko Online dengan Wordpress adalah menyiapkan hosting dan nama domainnya.
Jika hosting dan domain telah siap maka Instal Wordpress platform pada hosting yang telah disewa
Instal plugin Toko Online / online store dan plugin pelengkap lainnya. Plugin ini bisa menggunakan yang berbayar ataupun gratis yang banyak bertebaran di Internet.
Berikut nama-nama Wordpress plugin yang berguna untuk membangun situs e-commerce atau online store, diantaranya adalah : Quic Shop, eShop, YAK for Wordpress, ArePayPal 1.7.3, PayPal Shortcodes Plugin, WP e-Commerce, WP Auctions, ArtPal, StorePress, ShopperPress, PHPurchase, Shopp, Simple PayPal Shopping Cart Plugin, MiniCart Wordpress Plugin, LockPress Plugin, ShopTab eCommerce Cart, FatFreeCart, Premium WP-Invoice, FireStorm Ecommerce Shopping Cart plugin.
Selesai, upload materi jualan dan mulailah berpromosi.

Membuat Toko Online dengan Blogspot
Membuat toko online atau online shop dengan Blogspot pada dasarnya lebih mudah karena yang dibutuhkan hanya memiliki akun Google untuk dapat membuat blog baru dengan platform blogspot.
Ganti template dengan theme toko online.
Jika ingin lebih meyakinkan konsumen, maka ganti alamat URL blogspot dengan URL custom domain blogspot.

Membuat Toko Online di Facebook
Syarat utama untuk dapat membuat Toko Online di Facebook hanya harus memiliki akun Facebook.
Step-by-step cara jualan di Facebook dapat dibaca di sini

Ketiga teknik membangun online store yang disebutkan diatas merupakan metode dan cara yang selama ini disebut-sebut sebagai metode membuat toko online paling mudah dan murah.

Apakah benar?, Iya, memang benar. Ketiga metode tersebut memang lebih (relatif) efisien nampaknya. Akan tetapi apakah metode dan teknik tersebut memiliki  efektivitas sesuai dengan harapan?. Misalkan saja mengenai fitur SEO, integrasi pembayaran, marketing tools, dan berbagai fitur e-commerce yang dibutuhkan lainnya.

Jika harus berhitung antara efisiensi dana yang dikeluarkan dengan waktu dan tenaga yang dibutuhkan, maka metode tersebut justru kurang efisien selain pula jelas sangat kurang efektif dalam usaha menjangkau konsumen secara kualitas maupun kuantitas.

Cara membuat Toko Online terbaru 2013

Metode dan teknik membangun sebuah kerajaan bisnis dengan Toko Online ini disebut sebagai metode baru karena membangunnya dengan menggunakan software dari pihak ketiga.

Membuat Toko Online dengan bantuan software dan layanan dari pihak ketiga sebenarnya sudah banyak tersedia di Indonesia. Banyak pula situs-situs e-commerce yang menyediakan ruang untuk membuat Toko Online gratis sebagai tempat aktivitas jual beli via Internet.

Lagi-lagi pertanyaannya adalah, sejauh mana efektivitas penggunaan Toko Online gratis yang disediakan oleh situs-situs tersebut?

Bagi saya secara pribadi, jika kita telah berniat untuk mencari uang dan duit di internet dengan cara berjualan secara online, maka tepat kiranya kita membangun sebuah situs jual beli yakni Toko Online yang kredibel, efektif dan tepat sasaran.

Toko Online yang efektif tersebut adalah yang memiliki fitur SEO friendly (ramah mesin pencari, item produk dapat dengan mudah tampil pada halaman pertama SE Google/Bing/Yahoo dll), Marketing tools (berupa email marketing, discount campaign, penawaran harga khusus, dll), Mobile support (dukungan koneksi via Handphone), serta integrasi pembayaran (online payment gateway) yang menjamin keamanan transaksi bagi setiap konsumen.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik