Pages

Jumat, 12 April 2013

Membuat Pcb Sederhana

BIKIN PCB MURAH MERIAH tapi KUALITAS OK !


untuk membuat PCB home made, ada bermacam cara
bisa didapat di instructable.com , seabrek cara dibeber disana
tapi yang menurut saya mengeluarkan uang paling sedikit cara yg satu ini

1. Desain PCB melalui software CAD semacam Eagle layout atau sebangsanya
Tinggal googling aja, banyak tersedia EAGLE Layout Editor + kracknya

2. Print Hasil Layout PCB dengan LASER PRINTER, keatas kertas MAJALAH BEKAS. yang dipakai adalah kertas majalah (biasanya majalah bisnis) yang tipis & mengkilat. Majalah / Buletin TV kabel contoh yg paling gampang

3. Bila tidak ada printer laser, print di kertas biasa, kemudian Lakukan PhotoCopy diatas kertas majalah tadi

4. siapkan PCB polos ( 1 layer saja), bersihkan dari kotoran menggunakan kertas gosok halus

5. Panaskan SETRIKA, kemudian setrika kertas majalah yg sudah ada gambar PCB nya tadi ke atas tembaga PCB , tekan2, mungkin diperlukan trial & error beberapa kali dan perkirakan transfer sudah merata baru kita boleh selesai setrika.

6. Rendam PCB tadi di air hangat ( dingin juga boleh) sampai kertas tipis tadi mengelupas, hati2 agar tidak merusak jalur PCB. Pastikan semua kertas yg ada di LUAR JALUR bersih , sedangkan yang di atas jalur tidak masalah jika ada sisa kertas ( asal tidak meninggalkan serat2 berlebihan) . perbaiki jalur2 yang mungkin rusak/ tipis dengan spidol permanen.

7. Siap di etching ( pake Ferry Clorit ataupun larutan HCL + H202)

8. Untuk ferry clorit, gunakan air hangat (jangan panas), perlu goyang2 tempat/ wadah etchingnya, tambahkan feri clorit ke larutan jika kekuatan oksidasinya berkurang, larutan sisa bisa disimpan & dipakai lagi untuk proses etching di lain waktu ( tambah feri clorit baru sedikit saja).

9. HCL yg umum dijual = 30 %, H202 < 5 % , jika kondisi seperti ini bisa di gunakan komposisi 1:1 atau 3:4 , ingat tuang HCL ke H202, jangan sebaliknya. jika komposisi H202 > 10 %, perlu penambahan air agar tidak terlalu cepat proses oksidasinya ( merusak masking )

10. HCL + H202 hanya sekali pake, sebab tidak bisa disimpan dalam botol

11. setelah proses etching dirasa selesai, bilas PCB dengan air hangat atau air mengalir (kran)

12. PCB siap di bor, setelah semua lubang komponen di bor, bersihkan masking dengan Aceton / thiner CAT A. Agar PCB tampak bersih & tidak beroksidasi dengan udara, bisa dilaminasi dengan lapisan perak (mahal), liquid tin ( mahal & jarang ada), atau di lapisi ( tipis) dengan cat semprot (lacquer) transparan ( 10 ribu juga dapet)

13. PCB siap di solder

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik