Pages

Jumat, 12 April 2013

5 Langkah Cara Mengatasi Virus Komputer

Tidak ada cara mengatasi virus komputer yang mudah, karena bagaimanapun juga virus masuk ke komputer Anda dengan berbagai macam cara. Selain itu Sejalan dengan kemajuan perkembangan antivirus, tentunya didahului oleh perkembangan dari virus itu sendiri. Setiap hari selalu saja ada virus baru yang muncul yang bertujuan untuk mengganggu sistem kerja komputer atau bahkan bertujuan untuk merusak. Sementara itu antivirus dikembangkan berdasarkan perkembagan virus itu sendiri, sehingga tidak tertutup kemungkinan antivirus andalan Anda tidak mampu mengatasi virus-virus baru tersebut. Oleh karena itu selain mengandalkan antivirus untuk melindungi komputer Anda, Anda juga harus tahu bagaimana cara memproteksi komputer Anda dari serangan virus.

cara mengatasi virus komputer


1. Lagkah pertama coba untuk boot up komputer dalam safe mode. Tekan tombol F8 beberapa kali sampai layar hitam dan putih muncul. Pilih opsi safe mode dan tekan enter pada keyboard Anda.

2. Setelah komputer sukses melakukan booting, bersihkan dan optimalkan browser yang terinstall di komputer Anda. Sangat dianjurkan untuk membersihkan semua browser yang Anda gunakan saat melakukan browsing atau mengunduh file atau program dari internet. Hapus semua riwayat download dan riwayat browsing, termasuk aktif log, cache dan cookie.

3. Tutup semua window yang terbuka, dan temukan icon my computer pada desktop. Klik kanan dan pilih properties, lalu pulih tab System Restore atau pilih System Protection pada pilihan di sebelah kiri lalu pilih System restore dan pilih atau centang checkbox "Turn off System Restore". Hal ini bertujuan untuk menghentikan virus menginstall ulang ketika Anda me-restart komputer, karena banyak virus yang menyalin file ke folder System Restore.

4. Tutup semua jendela yang terbuka kemudian klik menu "Start" dan kemudian ketikkan WinMSD di search atau run, lalu tekan enter. Cari atau pilih software environment dan pilih "Startup Programs". Lakukan scanning atau hapus semua program yang tidak dikenal secara manual (temukan di mesin pencari daftar-daftar malware yang ada), biasanya nama program virus dimulai dengan "HKLM\\".

5. Atau Anda dapat menggunakan antivirus yang banyak terdapat saat ini. Jika Anda hanya pengguna personal, penulis sarankan gunakan saja antivirus gratis yang dapat Anda baca reviewnya di antivirus gratis terbaik.

Cara mengatasi virus komputer dari poin 1-4 di atas dapat membatu  Anda mencegah virus di komputer Anda menduplikasikan diri hingga menjadi lebih banyak. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan ialah dengan cara menghindari masuknya virus-virus tersebut ke komputer Anda dengan berhati-hati dalam mendownload program/aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya serta berhati-hati dalam membuka tautan ataupun link yang disertakan di dalam emai yang dikirim dari orang yang tidak Anda kenal.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik