Pages

Selasa, 19 Maret 2013

Tv LG 21FL1RG gambar setengah

Diagnosa
Tv LG 21FL1RG jika kita hidupkan tampilan gambar di layar monitor terlihat hanya setengah, bagian bawahnya ada sedangkan bagian atas hanya segaris, seperti ini tampilannya :
kerusakan gambar  tv LG
Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .
Kerusakan yang di alami tv LG ini engak tentu terkadang tampilan gambar terlihat normal tapi kadang-kadang suka menjadi setengah, kita agak susah untuk memblok kiranya ada komponen apa yang mengalami kerusakan. Perkiraan awal mungkin terjadi retak timah solder di area ic vertikal makanya kita lakukan resolder, tapi setelah tv kita hidupkan agak lama kerusakan kembali terjadi.
Kita lakukan pengukuran di semua area dengan poin besaran tegangan yang biasanya masuk ke rangkaian,,, semuanya terukur normal termasuk tegangan supply untuk ic vertikal yaitu 24 volt. Akhirnya kita coba lakukan pengukuran ic vertikal disini menggunakan type stv9326 , cara pengukuran kita gunakan metode penyamaan dengan ic yang baru. Dalam usaha kita lakukan pengukuran kita dapatkan hasil sesaat adanya hubungan pin 1 dengan pin secara keseluruhan, padahal waktu kita lakukan pengukuran di ic yang baru tidak demikian, maka dengan hasil ini barulah kita bisa pastikan penyebab kerusakan ada di ic vertikal stv9326 dan segera kita lakukan penggantian, posisi ic stv9326 di mainboard :
Ic-STV9326-di-mainboard
Setelah kita lakukan penggantian ic vertikal kini kita coba hidupkan tv LG dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, tampilan gambar sudah tidak setengah lagi.

1 komentar:

Aditya Haryo mengatakan...

trimakasih broo infonya

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik