Gates (Gerbang)

2. Gates (Gerbang)

Gates (gerbang) adalah suatu rangkaian yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan logika seperti aljabar boole. Gerbang ini memiliki 1 atau lebih signal input dan hanya memiliki 1 signal output karena nilai masukan (input) dan keluaran (output) berupa salah satu keadaan high (1) atau low (0).

2.1. Inverter (NOT)




Gates (gerbang) yang han
ya memiliki 1 input signal dan 1 output signal. Output yang dihasilkan dari gerbang ini berlawanan dengan inputnya, dengan kata lain output bernilai 1 apabila input bernilai 0 atau sebalikanya output bernilai 0 jika input bernilai 1. Gerbang ini sering disebut gerbang NOT atau gerbang Pembalik.


2.2. Gerbang OR



Gerbang ini memiliki 2 atau lebih signal input dan 1 signal output. Output yang dihasilkan pada gerbang ini akan bernilai high (1) apabila salah satu atau keduanya signal input bernilai high (1).
Notasi :
A or B = X
A + B = X

Apabila gerbang OR ini memiliki 2 atau lebih signal input, maka output yang dihasilkan bernilai high (1) apabila salah satu signal atau semua signal input bernilai high (1).
Gerbang OR dikenal juga sebagai penjumlahan dari 2 atau lebih signal input.

2.2. Gerbang AND



Gerbang ini juga memiliki 2 atau lebih signal input dan 1 signal output. Output yang dihasilkan dari gerbang ini akan bernilai high (1) jika dan hanya jika kedua inputnya bernilai high (1). Demikian juga bila gerbang memiliki lebih dari 2 signal input, maka output yang dihasilkan bernilai high (1) jika dan hanya jika semua signal input bernilai high (1). gerbang AND dikenal sebagai gerbang perkalian dari 2 atau lebih signal masukan.

2.3. Gerbang NOR



Gerbang memiliki 2 atau lebih signal input. Output yang dihasilkan dari gerbang ini akan bernilai high (1) jika dan hanya jika kedua input bernilai low (0)
Melihat output yang dihasilkan oleh gerbang ini, merupakan pembalik dari gerbang OR.

2.4. Gerbang NAND



Demikian juga dengan gerbang NAND yang memiliki 2 atau lebih signal input. Output yang dihasilkan akan bernilai low (0) jika dan hanya jika kedua signal input bernilai high (1). Untuk 2 atau lebih signal input, untuk menghasilkan output low (0) maka semua signal input harus bernilai high Seperti halnya gerbang NOR, melihat output yang dihasilkan gerbang NAND merupakan kebalikan dari output yang dihasilkan oleh gerbang AND.

2.5. Gerbang XOR (Exclusive-OR)



Gerbang XOR memiliki 2 atau lebih signal input. Berbeda halnya dengan output yang dihasilkan oleh masing-masing gerbang yang ada, untuk output gerbang XOR akan bernilai high (1) jika jumlah bit 1 dari signal input benilai ganjil (odd) dan atau akan benilai low (0) jika semua signal input dalam keadaan sama (high atau low)

2.6. Gerbang XNOR (Exclusive-NOR)



Gerbang XNOR merupakan pembalik dari gerbang XOR. Output yang dihasilkan akan bernilai high (1) jika semua signal input dalam keadaan sama dan atau akan bernilai low (0) jika jumlah bit 1 dari signal input bernilai ganjil.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot