Pages

Senin, 25 Maret 2013

Metode Pengumpulan Data



Metode Pengumpulan Data

Sumber dan jenis data yang diuraikan di atas dapat diperoleh dengan menggunakan teknik-teknik sebagai berikut:



  1. Pengamatan
Beberapa  alasan penggunaan pengamatan dalam penelitian kualitataif seperti dikemukakan oleh Gaba dan Lincoln (1981 ) yang dikutip oleh Meleong (2002: 125-126) diantaranya yaitu:
a)            Teknik pengamatan memungkinkan peneliti melihat secara langsung keadaan sebenarnya  sumber-sumber yang diteliti
b)            Pengamatan  dapat mengecek kepercayaan data yang ditimbulkan oleh keraguan ­peneliti
c)            Kasus-kasus tertentu dimana teknik komunikasi lain tidak dapat memungkinkan, pengamatan dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat.
Dalam penelitian ini pengamatan dilakukan terhadap sumber-sumber data untuk memperoleh data akurat dengan cara pengamatan terbuka dikutip oleh Meleong (2002:127) penggunaan metode ini untuk  memperoleh data sebagai berikut :
Gambaran secara umum MAN Kandangan  misalnya: gcdung, keadaan sarana dan prasarana, keadaan siswa.
2.   Wawancara
   Menurut Maleong (2002:135) wawancara adalah percakapan dengan maksud tujuan tertentu yang dilakukan oleh dua fihak, yaitu pewawancara (interview) untuk memperoleh informasi dari terwawancara (interviewer).
Metode ini digunakan untuk memperoleh keterangan atau informasi ini, peneliti mewawancarai responden di lapangan penelitian. Adapun yang diwawancarai yakni kepada sekolah dan waka kurikulum, guru dan siswa. Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang inovasi yang ada di MAN Kandangan Kab. Kediri, kepemimpinan kepala sekolah, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung.
3.   Dokumentasi
Dokumentasi merupakan penyelidikan tentang peristiwa-peristiwa penting yang ada di MAN kandangan Kab. Kediri
   Metode ini digunakan untuk menyelidiki berbagai catatan tertulis, baik yang ada dibuku-buku, majalah, dokumen-dokumen, peraturan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya.(Sutrisno Hadi,1994:131)
Dokumen penting yang berupa  peristiwa penting dan benda-benda yang punya hubungan dengan pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dokumen yang diselidiki dalam penelitian ini diantaranya adalah sejarah berdirinya sekolah, struktur organisasi sekolah, data guru karyawan, siswa.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik